SEKILAS INFO
: - Selasa, 19-01-2021
  • 4 bulan yang lalu / Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Yang dilaksanakan pada Tanggal 08 September 2020 Yang dilaksanakan oleh, Kasi Pendidikan Madrasah Bapak Mashadi dan Bapak Pengawas Pembina yaitu Bapak Bambang Sutrisno
  • 7 bulan yang lalu / Informasi PPDB Jalur Reguler silahkan ketik INFOPPDB2 kirim WA ke nomor 0857 7000 9542 
  • 9 bulan yang lalu / Informasi Pembelajaran dirumah Bagi ASN/GTT serta Siswa Siswi MAN Kota Pasuruan Terkait Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sampai dengan 21 April 2020 atau apabila ada Evaluasi Lebih Lanjut tentang informasi ini
Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) 2020

Hidup dan doa seperti mengayuh sepeda, harus terus dikayuh untuk tetep berjalan hingga tiba pada suatu tujuan.
Hidup selalu ada cerita. Disetiap cerita ada pelajaran dan disetiap pelajaran terdapat ujian.
Terus berjuang hingga puncak kesuksesan. Karena sukses itu proses naik tangga bukan naik lift.


Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementrian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi dan memadukan sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dalam KSM meliputi:

  1. Soal-soal sains dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al-Qur’an
  2. Soal-soal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik
  3. Soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswi madrasah dengan siswa-siswi olimpiadi sains di madrasah.

Berdasar pemikiran diatas, Kementrian Agama melalui Direktorat Jendreral Pendidikan Islam akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM dimulai dari KSM Satuan Pendidikan dan KSM Nasional. 

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa pandemi Covid 19 tidak hanya melanda Indonesia, melainkan juga hampir seluruh wilayah di dunia. Hal ini mengakibatkan berbagai sektor kehidupan mengalami kendala, akan tetapi dalam kondisi apapun, negara harus menjamin keselamatan, kesehatan, dan pendidikan seluruh warga negara. Selama masa darurat Covid-19 kegiatan pembelajaran tidak dapat dilakukan secara normal, siswa belajar dari rumah melalui siswa belajar jarak jauh (BJJ). Hal ini sebagaimana ditunjang dalam SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Selama masa pandemi Covid-19, siswa tetap harus difasilitasi untuk tetap melaksanakan aktifitas belajar, berkompetisi dan berprestasi dengan tetap memperhatikan dan mentaati protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19, oleh karena itu kegiatan KSM tahun 2020 tetap dilaksanakan dengan menggunakan skema Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tahun 2020. KSM Online tahun 2020 ini akan menggunakan soal dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab guna menyapkan KSM mendatang yang akan Go Internasional, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat.

Pelaksanaan KSMO Tingkat Satuan Pendidikan di MAN Kota Pasuruan telah dilaksanakan pada Hari Selasa, 15 September 2020 di yang diikuti oleh 47 peserta mulai dari siswa kelas X sampai kelas XII, dan menghasilkan masing-masing 3 peserta terbaik dari tiap bidang yang dilombakan untuk mengikuti proses pembinaan sebagai persiapan mengikuti KSMO Nasional. Setelah mengikuti proses pembinaan dan dievaluasi, maka terpilihlah satu peserta terbaik dari tiap bidang lomba yang akan mewakili MAN Kota Pasuruan mengikuti KSMO Nasional.

Selanjutnya adalah KSMO Provinsi JATIM yang dilaksanakan secara serentak di setiap daerah dengan menunjuk salah satu Madrasah menjadi Titik Penyelenggara Kegiatan (TPK). Madrasah yang ditunjuk menyiapkan tempat dan fasilitias untuk peserta KSMO JATIM dan MAN Kota Pasuruan menjadi salah satu Madrasah yang ditunjuk menjadi TPK KSMO Provinsi JATIM di Kota Pasuruan untuk Jenjang MI dan MA. KSMO Jatim di Kota Pasuruan diikuti oleh 79 peserta jenjang MI dan 62 peserta jenjang MA yang masing-masing dibagi menjadi 3 sesi. KSMO JATIM jenjang MI dilaksanakan tanggal 24 Oktober 2020, Sesi 1 untuk bidang studi Matematika dan Sains, Sesi 2 untuk bidang studi Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam, dan Sesi 3 untuk bidang studi Bahasa Indonesia. Sedangkan KSMO JATIM jenjang MA dilaksanakan tanggal 27 Oktober 2020, Sesi 1 untuk bidang studi Matematika, Fisika, dan Kimia, Sesi 2 untuk bidang studi Biologi, Ekonomi,dan Geografi, serta sesi 3 untuk bidang studi Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Inggris.

Tahap terakhir dari kegiatan KSM tahun 2020 sekaligus puncak dari kegiatan KSMO ini adalah KSMO Nasional yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 11 Nopember 2020. Mohon do’a restu dan dukungannya agar siswa/i delegasi MAN Kota Pasuruan dapat mendapatkan hasil yang terbaik dan dapat membawa pulang piala seperti pada KSM tahun lalu.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman Terbaru

Webinar Nasional

MAN Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Tanggap Pencegahan Covid-19

ketik INFOPPDB2 kirim WA ke nomor 0857 7000 9542