Info Sekolah
Sabtu, 13 Jul 2024
  • Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah (PPDBM) Jalur Reguler Tahun Ajaran 2024/2025 | Daftar Sekarang! bit.ly/ppdbmmankotapasuruan2024 | Dibuka hingga 28 Juni 2024

Kepala Madrasah Ajak Generasi Muda Menjadi Pemimpin yang Berjiwa Nasionalis dan Berakhlak Mulia

Diterbitkan : - Kategori : Humas

 

Mankopas. Penanggalan pertama pada bulan Juni di setiap tahunnya menjadi momen historis dalam perjalanan jatuh-bangun bangsa dan negara Indonesia. Momen krusial tersebut ditandai oleh tercetusnya “Pancasila” sebagai istilah yang menjadi jenama bagi dasar negara yang diusulkan Ir. Soekarno melalui pidatonya dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) di tanggal 1 Juni 1945.

Di tanggal yang sama itulah, pemerintah menetapkan Hari Lahir Pancasila yang sebagaimana dilansir dari situs resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), bahwa peringatan di tahun ini bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Untuk mengenang dan memperingati sejarah bangsa tersebut, MAN Kota Pasuruan melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila 2024, Sabtu, 1 Juni 2024, bertempat di lapangan belakang MAN Kota Pasuruan.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 dikomandoi oleh pengurus MPK-OSIM serta siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler Paskibraka. Bertindak sebagai pembina upacara ialah Kepala MAN Kota Pasuruan, Bapak Achmad Barik Marzuq. Dalam amanatnya, kepala madrasah menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta upacara yang telah hadir sekaligus menyiratkan rasa cinta terhadap bangsa yang diwujudkan melalui momentum ini.

Jika ditilik berdasarkan tema besar Peringatan Hari Lahir Pancasila tersebut, perjuangan setiap warga negara dapat diwujudkan melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi yang mempersatukan keberagaman bangsa. “Inilah perjuangan kita sebagai warga negara melalui Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa. Karena dengan persatuan kita semakin kokoh, dengan persatuan kita semakin hebat,” ujarnya.

Melalui refleksi visi Indonesia Emas 2045, kepala madrasah turut mengajak seluruh generasi muda untuk menjadi calon pemimpin yang dapat berkontribusi dan memberikan yang terbaik bagi bangsa daripada yang lain. Untuk itu, beliau berpesan kepada setiap generasi penerus bangsa agar senantiasa menjaga keutuhan NKRI serta mempersiapkan diri untuk menjadi calon pemimpin yang berakhlak mulia.

“Jadilah generasi muda yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi dan berakhlakul karimah. Siapkan diri kalian untuk memperjuangkan Indonesia pada masamu nanti,” ucapnya dalam pamungkas amanatnya.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila berjalan dengan khidmat dan tertib. Rangkaian prosesi diakhiri dengan menyanyikan bersama lagu Mars Madrasah dan Garuda Pancasila oleh seluruh peserta upacara yang dipandu oleh tim paduan suara MAN Kota Pasuruan. (ee)

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar