You need to enable javaScript to run this app.

Selamat & Sukses Atas Terpilihnya Siswi MAN Kota Pasuruan menjadi Anggota Pasukan Pengibar Bendera Kota Pasuruan

  • Senin, 16 Agustus 2021
  • Humas Mankopas
Selamat & Sukses Atas Terpilihnya Siswi MAN Kota Pasuruan menjadi Anggota Pasukan Pengibar Bendera Kota Pasuruan

Sejarah panjang Paskibraka dimulai pada tahun 1946. Kala itu Presiden Soekarno memanggil ajudannya yang pada saat itu ialah Mayor (Laut) M. Husein Mutahar. Sang Presiden memberi perintah untuk segera melakukan upacara detik-detik proklamasi yang diadakan di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang tepatnya berada di Istana Presiden Gedung Agung Yogyakarta.
Perintah langsung dari Presiden Soekarno, lantas membuat Mayor (Laut) M. Husein bergegas mencari cara bagaimana untuk memperingati detik-detik proklamasi. Mayor (Laut) M. Husein langsung terbesit kalau peringatan hari penting tersebut harus melibatkan dan dilakukan oleh pemuda-pemudi bangsa dari penjuru nusantara. Menurut Mayor (Laut) M. Husein, hal tersebut merupakan bentuk perwujudan bahwa para pemuda-pemudi tersebut kelak akan menjadi pemimpin bangsa Indonesia.
Sayangnya keterbatasan di era tersebut membuat gagasan Mayor (Laut) M. Husein tidak terpenuhi. Infrastruktur transportasi antar pulau yang pada masa itu masih belum berkembang, membuat Mayor (Laut) M. Husein hanya bisa menghadirkan lima orang yang mana terdiri dari tiga pemuda dan dua pemudi.
Lima pemuda dan pemudi tersebut menjadi wujud perlambangan dari Pancasila. Kelima pemuda pemudi tersebut berasal dari berbagai daerah yang saat itu kebetulan saja sedang berada di Yogyakarta. Formasi lima pemuda pemudi tersebut pun tetap dilakukan sampai upacara detik-detik Proklamasi di tahun 1949 yang berlokasi di Yogyakarta. Akhirnya, formasi lima tersebut dinamakan Pasukan Penggerek Bendera. (Sumber: Quipper Mari Mengenal Sejarah Paskibra hingga Makna Lambangnya (quipper.com))

Hari ini terpilih 3 siswi MAN Kota Pasuruan menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Kota Pasuruan yang akan bertugas tanggal 17 Agustus 2021. Hal ini menjadi suatu kebanggaan untuk keluarga MAN Kota Pasuruan. Maka dari itu segenap keluarga MAN Kota Pasuruan mengucapkan "Selamat dan Sukses Atas Terpilihnya Siswi MAN Kota Pasuruan menjadi Anggota Pasukan Pengibar Bendera Kota Pasuruan"

Berikut nama-nama siswi terpilih tersebut:

  1. Salsabil Barida R. S. - X MIPA 1
  2. Desyka Widya H. XI MIPA 4
  3. Zahrotul Kamilah A - X MIPA 2

Semoga Sukses menjalankan tugas Pada tanggal 17 Agustus 2021

foto dari kiri: Zahrotul Kamilah A, Salsabil Barida R.S., Desyka Widya H.

Bagikan artikel ini:
Drs. Achmad Barik Marzuq, M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, disertai perasaan bangga saya menuliskan kata sambutan selaku Kepala sekolah…

Berlangganan
Banner